Kabupaten Tangerang yang Religius, Cerdas, Sehat dan Sejahtera
05 Jan 2024 69 pembaca ADMIN Diskominfo

Aduan Kegawatdaruratan Melalui NTPD 112 Semakin Tinggi

Tangerang - Layanan panggilan darurat Call Centre 112 Kabupaten Tangerang ditahun 2023 menerima panggilan/laporan sebanyak 30859 dari masyarakat.

Kepala Bidang  Aplikasi dan Teknologi Informatika pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, Cecep Khaerudin mengatakan, selama tahun 2023 call center 112 terus aktif dan melayani secara prima laporan kegawatdaruratan, seperti layanan darurat medis, kriminal, bencana, kebakaran, kecelakaan, keamanan dan ketertiban, serta hal lain seperti evakuasi hewan buas, pohon tumbang, dan juga permintaan informasi.

"Di tahun 2023 kemarin terdapat beberapa kriteria penelpon yang kita terima, ada Laporan kegawatdaruratan sebanyak 425 penelpon/pelapor, selanjutnya sebanyak 4083 penelpon/pelapor meminta informasi dan kami mendapatkan penelpon/pelapor dengan kriteria prank/ghost sebanyak 26351," ujarnya saat diwawancarai, Kamis (04/01/2024).

Cecep  juga mengatakan, dalam jumlah tersebut masih didominasi penelpon/pelapor dengan kriteria prank atau ghost yang diterima operator call center 112.

"Contohnya seperti ada penelpon lalu diam tanpa memberikan informasi apapun itu kami anggap ghost dan jika ada penelpon memberikan informasi namun tidak jelas kronologinya saat ditanyakan itu kita anggap prank, bagi nomor penelpon/pelapor masuk kriteria tersebut kami blokir selama 1x24 jam" ungkapnya.

Seianjutnya pihaknya menjelaskan, dalam operasinya komposisi petugas Call Centre 112 terdiri dari 13 orang yang terbagi menjadi 3 shift (3 orang per-shift dan 4 orang mendapat libur per-hari) ini agar masyarakat dapat melakukan pelaporan dengan cepat, mudah, bijak dan bebas pulsa.

"Dengan adanya call center 112 Kabupaten Tangerang kami berharap bisa memberikan pelayanan yang prima selama 24 jam penuh, dan bagi masyarakat bisa memanfaatkannya dengan bijak," tutup dia.

(Bid.IKP/DR/nA)